DPRD Kabupaten Bima Kukuhkan Pimpinan dan Anggota Baru Periode 2024-2029

Daftar Isi

RNN.com - DPRD Kabupaten Bima akhirnya menggelar rapat paripurna untuk mengumumkan dan mengukuhkan pimpinan DPRD baru serta perangkat alat kelengkapan dewan, yang disertai dengan pengucapan sumpah/janji 45 anggota DPRD terpilih Kabupaten Bima periode 2024-2029. Acara ini berlangsung pada Rabu (25/09/2024) di Ruang Sidang Utama DPRD Kabupaten Bima, menandai dimulainya masa pengabdian para wakil rakyat dari 6 daerah pemilihan.


Dalam paripurna tersebut, dilakukan serah terima Palu Sidang dari Pimpinan DPRD periode 2019-2024, Hj. Nurhayati, SE., M.M. (Fraksi PPP), kepada Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Bima periode 2024-2029, yaitu Diah Citra Pravitasari (Fraksi Golkar) sebagai Ketua Sementara, dan Muhamad Erwin, S.IP., M.IP. (Fraksi PPP) sebagai Wakil Ketua Sementara.


Plt. Bupati Bima, Dahlan M. Noer, yang membacakan sambutan Pj. Gubernur NTB Hassanudin, menyampaikan bahwa pengucapan sumpah/janji ini bukan sekadar prosesi formal, melainkan sebuah tonggak penting dalam perjalanan demokrasi di Kabupaten Bima.


"DPRD adalah mitra sejajar pemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan. Kerjasama yang harmonis antara legislatif dan eksekutif menjadi kunci untuk menciptakan pemerintahan yang efektif dan bermanfaat, dengan tujuan utama kesejahteraan rakyat," ujar Dahlan.


Ia menambahkan, "Sebagai lembaga yang memiliki fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan, DPRD diharapkan mampu menggunakan kewenangannya dengan bijaksana sesuai dengan amanah yang diberikan oleh rakyat, demi suksesnya pembangunan bersama pemerintah daerah di masa depan," ujar Dahlan.


Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bima Sementara, Diah Citra Pravitasari, dalam sambutannya usai penyerahan Palu Sidang, menyampaikan bahwa pelantikan ini memiliki makna yang sangat mendalam. Hal ini menandakan bahwa dalam waktu dekat, tanggung jawab dan tugas kepemimpinan di DPRD harus segera dilaksanakan.


Wakil rakyat dari Dapil V (Sape-Lambu) tersebut, mewakili 45 Anggota DPRD lainnya, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan mandat untuk mengemban tugas yang berat namun mulia ini, dalam mewakili suara dan aspirasi masyarakat sebagai anggota DPRD.


Prosesi pelantikan tersebut dihadiri oleh Bupati Bima (2015-2024) Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE., M.IP, Bupati Bima (2013-2015) Drs. H. Syafruddin H.M. Nur, M.Pd, jajaran Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Raba-Bima, Anggota DPRD Provinsi NTB Dapil 6, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bima periode 2019-2024, Sekda Adel Linggi Ardi, SE, para pimpinan partai politik, Jenateke Kesultanan Bima Muhammad Putera Ferryandi, S.IP., M.IP, Ketua Majelis Adat Sara Dana Mbojo Hj. Ferra Amalia, SE., MM, Ketua KPU Kabupaten Bima, Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan, Pejabat Eselon II dan III Lingkup Pemkab Bima, Ketua MUI, serta Ketua Baznas.


(Aws)